Mango sticky rice

Mango sticky rice atau khao niao mamuang adalah salah satu hidangan penutup (dessert) yang terkenal dari negeri Gajah Putih – Thailand. Makanan pencuci mulut yang satu ini terbuat dari bahan utama beras ketan yang dimasak dengan menggunakan santan dan daun pandan. Yang kemudian dihidangkan bersama potongan buah mangga yang matang lengkap dengan siraman saus santan kental yang manis gurih.

Bahan-bahan :

  • Beras ketan 250 gram, cuci lalu rendam kurang lebih selama 2jam
  • Santan kental instan 100 mili liter (bisa tambakan jika dirasa kurang gurih)
  • Air 400 mili liter
  • Daun pandan 1 lembar, simpulkan
  • Gula pasir 3 sendok makan + 1 sendok makan lagi untuk sausnya
  • Garam 1 sendok teh
  • Tepung maizena 1 sendok teh, larurkan dengan 2 sendok makan air (hasilnya tidak begitu kental, bisa ditambahkan menjadi 1 sendol makan atau 2 sendok makan jika ingin saus lebih kental)
  • Wijen sangrai secukupnya, digunakan untuk taburan
  • Mangga 1-2 buah (saya gunakan mangga harum manis), dinginkan kemudian ketika akan dihidangkan baru dikupas dan dipotong-potong

Langkah-langkah :

  1. Pertama-tama kukus ketan sampai setengah matang, kurang lebih selama 10 hingga 15 menit.
  2. Sementara itu campur santan, air, daun pandan, gula pasir dan garam, aduk rata dan masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Cicipi rasanya, jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasirnya.
  3. Siapkan mangkuk ukuran sedang, pindahkan ketan yang sudah dikukus ke mangkuk, lalu ambil 150 mili liter larutan santan dan gula, tuangkan ke dalam mangkuk berisi ketan, aduk rata sampai santan terserap oleh ketan.
  4. Selanjutnya kukus kembali sampai matang kurang lebih selama 20 menit, cicipi rasanya, angkat dan dinginkan.
  5. Untuk sausnya, didihkan kembali larutan santan, tambahkan lagi gula 1 sendok makan, beri larutan maizena, masak sampai saus mengental sambil di aduk.
  6. Cicipi rasanya, angkat dan dinginkan.

Cara Penyajian Mango Sticky Rice :

  1. Ambil ketan secukupnya, cetak dengan mangkuk kecil jika suka lalu tumpahkan di piring saji.
  2. Selanjutnya beri potongan buah mangga, tuangkan saus santan di atasnya secukupnya.
  3. Taburi wijen secukupnya, siap dihidangkan.
  4. Untuk menyajikan mango sticky rice cukup mendinginkan dengan suhu ruang saja ya. Tidak perlu dimasukan ke dalam kulkas, karena menurut saya enakan yang begini. Apa lagi kalau disajikan dalam kondisi hangat, nasi ketannya endess banget bun. Super gurih!


Sebenarnya sebelum deseert ketan mangga saus santan ala thailand ini ada. Di kota Bandung sudah ada kreasi nasi ketan sejenis ini. Jika di Thailand pakai mangga, untuk sajian di Bandung menggunakan Durian. Jadi buah duriannya dibikin saus lembut gitu bun, kalau tidak salah ada santannya juga. Untuk mendalaminya kapan-kapan kita bahas ketan durian ala Bandung nya ya.
Koleksi Video Resep Mango sticky rice
(Jika video tidak muncul klik tombol Refresh)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.