Cara Membuat Dendeng Sapi


Salah satu jenis daging yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah daging sapi yang bisa diolah menjadi beraneka macam masakan tradisional maupun masakan modern. Berkaitan dengan hal tersebut di Indonesia cukup populer dengan salah satu jenis olahan daging sapi yang banyak orang mengenalnya sebagai dendeng sapi. Mungkin anda sendiri juga tidak begitu asing dengan dendeng sapi seperti ini, karena rasanya yang gurih agak manis dan sangat nikmat dimakan walaupun dengan nasi putih hangat saja.

Dendeng sapi adalah olahan daging sapi yang dipotong tipis-tipis kemudian dibumbui dengan bumbu rempah, dan dikeringkan dengan cara dijemur hingga benar-benar kering kemudian digoreng. Melalui proses tersebut sehingga dendeng sapi bisa menjadi lebih awet untuk disimpan selama berhari-hari, karena dengan cara dikeringkan tersebut bisa memperlambat pertumbuhan bakteri yang ada pada daging sapi.

Kabarnya jenis kuliner yang satu ini konon pertama kali yang membuatnya adalah orang-orang Minangkabau, yang kemudian tersebar luas dibeberapa daerah Nusantara. Selain dari pada itu masakan dendeng seperti ini konon kabarnya dahulu dibuat sebagai bekal dalam suatu perjalanan sehingga membutuhkan masakan yang awet dan tahan lama untuk disimpan.

Dibeberapa tempat wisata di Indonesia terkadang kita juga bisa menemukan oleh-oleh kuliner berupa dendeng sapi dengan kemasan dan merk tertentu. Namun jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri untuk lauk makan keluarga, dan belum tahu cara dan resepnya, pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang cara membuat Dendeng Sapi buat anda yang tertarik ingin membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1KG daging sapi
  • 2 jari lengkuas
  • 6 sendok kecil ketumbar
  • 15 siung bawang putih
  • 40 siung bawang merah
  • 600 gram gula Jawa
  • 4 sendok kecil garam
  • 100ml air


Cara membuat

  1. Iris tipis-tipis daging sapinya
  2. Parut lengkuas
  3. Haluskan bahan-bahn bumbunya seperti ketumbar, bawang merah dan putih, gula Jawa, beserta garam
  4. Siapkan wadah kemudian tuangkan air, bumbu halus dan lengkuas parut kemudian aduk hingga merata dan larut
  5. Jika sudah irisan-irisan daging sapi direndam didalam air bumbu diatas kira-kira 1 hingga 2 jam
  6. Jika sudah angkat kemudian jemurlah dibawah terik sinar matahari hingga benar-benar kering, atau juga bisa apabila tidak mau repot taruh diatas loyang kemudian oven kira-kira 2 jam.
  7. Gorenglah hingga matang jika anda ingin mengkonsumsinya    


Cukup mudah bukan sekarang Dendeng Sapi anda sudah jadi dan siap untuk disantab dengan nasi hangat, dan jika anda ingin lebih nikmat bisa juga dinikmati dengan saus pedas apabila anda suka. 
Koleksi Video Resep Cara Membuat Dendeng Sapi
(Jika video tidak muncul klik tombol Refresh)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.