Resep Rugelach

 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach

Satu bulan menjalani diet keto, saya merasa tidak terlalu craving akan makanan manis atau nasi atau lontong. Makanan yang disebutkan terakhir adalah yang paling berat dihindari kala diet karena saya suka nasi dan maniak dengan lontong. Sebelum melakukan diet ini, apapun harus dimakan pakai nasi. Contohnya saat memasak sayur lodeh sepanci penuh, saya berencana sayur sebanyak itu akan membuat perut kenyang tanpa perlu dilahap bersama nasi. Tapi ketika sayur lodeh matang dan semangkuk masuk kedalam perut, tetap ada 'perasaan' yang kurang. Bayangan nasi bersliweran dikepala dan sayur lodeh nan pedas memang paling sedap dimakan dengan nasi dan tempe goreng. Akhir cerita sudah bisa ditebak, saya memasak nasi se-rice cooker penuh! Mulut dan perut ini baru terasa puas ketika nasi dan sayur lodeh berkolaborasi. 😂

 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach
 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach


Satu hal yang saya perhatikan, jika kandungan lemak dalam makanan terlalu sedikit maka muncul rasa tidak puas walau telah menyantap sayur dan lauk segambreng. Perut juga mudah lapar dan akhirnya saya sibuk mencari makanan yang bisa memuaskan, umumnya berkarbo dan tidak sehat. Lemak yang paling mudah, mengenyangkan dan memuaskan bagi saya adalah alpukat. Buah kaya lemak dan lezat ini membuat rasa kenyang lebih bertahan lama dan keinginan untuk 'ngemil' menghilang. Saya biasanya menyantap 1 hingga 2 buah alpukat sehari yang dimakan bersama telur rebus dan salad. Jika dulu saat awal diet saya menyantap salad lebih dulu, kini saat makan siang dihajar dengan alpukat, telur rebus atau tim ikan dan kucuran olive oil. Perut menjadi kenyang dan puas. Sekitar satu jam kemudian baru saya lanjutkan dengan salad atau tumis sayuran. Cara ini terbukti lebih efektif untuk menghentikan craving dan keinginan ngemil.

 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach
 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach


Banyak yang bertanya di IG mengenai menyusun menu keto atau camilan yang keto friendly (kue/cookies). Saya terus terang bingung juga hendak menjawabnya karena menu makan sehari-hari sama sekali tidak spesial serta tidak ada agenda ngemil sama sekali. Basic makanan hanya alpukat yang terkadang saya blender menjadi smoothie bersama sayuran atau dimakan segar, sayur (kebanyakan jenis sawi-sawian dan kubis-kubisan) yang diolah menjadi salad dan tumis, telur rebus (2-3 butir sehari) dan sepotong ikan yang dikukus/tim. Menu ini saya putar-putar, mix match, dan ulang tanpa terlalu banyak melakukan perubahan besar.  Jika ingin mengemil pun saya memilih kacang mete, almond atau walnut, dan terkadang tempe goreng. Semua makanan ini saya santap di jendela makan kala tidak melakukan intermittent fasting.

Beberapa teman di kantor bertanya, berapa kilogram berat yang telah turun, dan jawaban saya masih tetap sama. Saya tidak terlalu pusing dengan timbangan. Selama pakaian dan celana terasa semakin longgar maka saya yakin diet ini berhasil karena seringkali berat badan tidak turun secara drastis namun lingkar perut, paha dan lengan sebenarnya mengecil.

 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach
 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach

Wokeh menuju ke resep rugelach (ˈruːɡələx) kali ini. Makanan ini adalah pastry yang populer di negara Israel. Versi tradisional rugelach terbuat dari gulungan adonan yang memiliki isi dan dibentuk bulan sabit. Beberapa sumber mengatakan rugelach dan croissant Perancis memiliki kesamaan nenek moyang yaitu kuliner Vienna. Rugelach bisa dibuat dari adonan yang mengandung krim asam atau cream cheese, tapi ada juga beberapa varian tanpa produk dairy sama sekali. Adonan dari cream cheese merupakan varian rugelach yang saat ini paling banyak ditemukan, kemungkinan inovasi dari US, sementara adonan dengan ragi sebagai pengembang dan krim asam merupakan versi yang lebih tua. Bahan pengisi yang biasa digunakan seperti kirmis, kacang walnut, kayu manis, coklat, marzipan, biji poppy, atau aneka buah kering yang digulung didalam adonan.

Proses membuat rugelach sangat simple, dan walau tanpa bahan pengembang tekstur adonan tetap lembut dan empuk, ini karena porsi mentega dan cream cheese yang dipakai didalam adonan. Resep asli menggunakan krim asam (sour cream), saya gantikan dengan yogurt yang kebetulan masih ada stoknya di kulkas. Jika yogurt tidak ada, maka gantikan porsinya dengan cream cheese saja. Poin terpenting mungkin kala membuat adonan, jika teksturnya terlalu lembek dan lengket, jangan ragu menambahkan tepung terigu sedikit, kandungan mentega dan cream cheese tidak akan membuat adonan menjadi keras. Hal lain adalah jangan proses bahan isi hingga hancur dan menggumpal. Sebaiknya proses hingfga teksturnya masih remah atau tercerai-berai, terlalu menggumpal (seperti yang saya lakukan!) akan menyulitkan ketika isi ditebarkan di permukaan adonan. 

Berikut ini resep dan prosesnya ya.

 akan makanan manis atau nasi atau lontong Resep Rugelach

Rugelach
Resep diadaptasikan dari website King Arthur Flour - Rugelach

Untuk 24 buah kue

Tertarik dengan resep lainnya?
Crescent Rolls
Croissant
Fudgy Choco Pie

Bahan:
225 gram mentega/margarin
170 garam cream cheese, suhu ruang
- 75 gram yogurt plain
½ sendok teh garam
340 gram tepung terigu protein sedang

Bahan isi:
100 gram brown sugar
- 100 gram kacang almond mentah
- 80 gram kismis
- 70 gram kurma (tanpa biji)
- 1 sendok makan bubuk kayu manis
Susu cair untuk mengoles adonan

Topping:
Susu cair

Cara membuat:


Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega/margarin, cream cheese, yogurt, dan garam. Kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur baik dan lembut. Masukkan tepung terigu, kocok dengan kecepatan paling rendah hingga tepung dan adonan tercampur baik. Matikan mikser.

Bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama beratnya, bulatkan masing-masing adonan, pipihkan hingga menjadi piringan dengan lebar sekitar 15 cm.  Bungkus masing-masing piringan adonan dengan plastic wrap dan simpan dikulkas minimal 1 jam atau maksimal 1 malam.

Membuat isi:


Aduk jadi satu bahan isi di mangkuk kecuali susu cair, masukkan ke dalam chopper atau food processor atau blender. Proses hingga hancur dan remah, jangan sampai menggumpal. Tuangkan ke mangkuk, sisihkan.

Panaskan oven, suhu 170’C, api atas dan bawah. Siapkan 3 buah loyang datar, alasi loyang dengan silpat atau kertas baking, sisihkan.


Keluarkan adonan dari kulkas, tabur permukaan meja dengan tepung yang agak banyak agar adonan tidak lengket ketika digilas. Letakkan piringan adonan di permukaan tepung, lumuri juga kayu penggilas. Gilas adonan melebar menjadi bulatan dengan diameter sekitar 25 cm.

Olesi permukaan adonan dengan susu cair, taburi dengan bahan isi (bagi bahan isi menjadi 3 bagian yang sama beratnya untuk 3 buah adonan). Tekan isi dengan telapak tangan agar menempel dengan baik ke adonan. Potong adonan menjadi 8 - 12 bagian, paling mudah memotongnya dengan pizza cutter.

Gulung masing-masing potongan dari bagian terlebar hingga keujungnya, tekuk ujung-ujungnya sehingga potongan adonan berbentuk bulan sabit. 


Letakkan di loyang, lakukan pada semua adonan lainnya. Olesi permukaan adonan dengan susu cair. Panggang hingga permukaannya kuning kecoklatan (25 – 30 menit), keluarkan dari oven biarkan dingin. Sajikan.

Sumber:
Wikipedia - Rugelach

Koleksi Video Resep Resep Rugelach
(Jika video tidak muncul klik tombol Refresh)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.