Cari Tau Yuk Penyebabnya Mengapa Cake Buatanmu Selalu Bantet

Kesuksesan saat memanggang cake tidak hanya tergantung pada kelezatan dan cita rasanya, tapi juga mengembang atau tidak-nya cake tersebut. Sayangnya, masalah cake yang bantat memang sering terjadi saat membuat cake. Agar hal ini tak terjadi lagi saat Anda membuat cake, simak dulu beberapa hal berikut yang jadi penyebab cake yang tidak mengembang dengan cantik:

 Kesuksesan saat memanggang cake tidak hanya tergantung pada kelezatan dan cita rasanya Cari Tau Yuk Penyebabnya Mengapa Cake Buatanmu Selalu Bantet

1. Oven kurang panas

Saat Anda memasukkan adonan ke dalam oven, pastikan oven sudah cukup panas. Pastikan pula suhu oven yang Anda gunakan telah sesuai dengan suhu yang tertera pada resep setelah itu baru masukkan adonan. Selain itu, jangan terlalu sering membuka dan menutup oven selama proses pemanggangan, sehingga suhu dalam oven tetap stabil.

2. Cetakan kue terlalu besar

Ikuti ukuran cetakan kue sesuai dengan yang tertera pada resep. Kalau Anda menggunakan cetakan kue dengan ukuran yang berbeda, Anda harus menyesuaikan suhu oven, waktu pemanggangan kue atau jumlah bahan yang digunakan dalam resep agar cake mengembang sempurna.

3. Bahan terlalu dingin

Mentega dan telur yang masih dingin karena baru dikeluarkan dari kulkas akan lebih sulit dikocok dengan baik. Karena itu, tunggu sampai bahan-bahan yang akan Anda gunakan telah berada dalam suhu ruangan sebelum diolah lebih lanjut.

4. Salah mengocok adonan

Mengocok mentega dan gula adalah dasar dari hampir semua resep cake. Gunakanlah mentega yang telah berada pada suhu ruangan agar lebih mudah dikocok. Setelah itu, masukkan gula sedikit demi sedikit, dan kocok hingga gula larut dan adonan menjadi lembut dan halus.

5. Salah penggunaan bahan pengembang

Bahan pengembang yang sering digunakan saat membuat cake adalah baking powder, baking soda, dan self-raising flour. Kalau Anda menggunakan self-raising flour, pastikan Anda mengikuti jumlah sesuai dengan yang tertera pada resep. Sedangkan kalau Anda menggunakan baking powder atau baking soda, pastikan Anda menggunakan baking powder atau baking soda yang masih segar. Coba masukkan sedikit baking powder dan baking soda dalam air panas. Kalau terjadi reaksi gelembung udara, berarti baking powder masih bisa digunakan. Sedangkan kalau tidak ada reaksi sama sekali, berarti baking powder yang Anda gunakan sudah tidak berfungsi lagi.

Semoga bermanfaat.
Jangan Lupa share dan bagikan kepada teman temanmu ya
Koleksi Video Resep Cari Tau Yuk Penyebabnya Mengapa Cake Buatanmu Selalu Bantet
(Jika video tidak muncul klik tombol Refresh)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.